Perbedaan Mega Byte dan Mega Bit

Pernah ada pelanggan yang bertanya mengenai perbedaan Mega Byte dan Mega Bit. sebenarnya sudah banyak teman-teman blogger yang lain memposting topik perbedaan Mega Byte dan Mega bit di internet, anda bisa lihat sendiri dengan mengetikan kata tersebut di seacrh engine google. namun mudah-mudahan postingan ini menjadi tambahan ilmu buat yang sedang mencarinya.

sebelumnya anda bisa cek dulu koneksi internetnya dengan speedtest, lihat hasilnya MBps atau Mbps

Perbedaan Mega Byte(MBps) dengan Mega bit(Mbps), sudah terlihat dari tulisan huruf "B" nya, namun bukan itu jawaban yang tepat, itu hanya membedakan buruf (B)Byte dan (b)bit. 
berikut perbedaan nya :

MBps = Mega Byte per second
Mbps = Mega bit per second
B = Byte
b = bit

1 Byte = 8 bit

kebanyakan para Internet Service Provider (ISP) dalam mencantumkan paket berlanggan internet selalu dengan tulisan huruf "b" kecil, yang berarti bit bukan byte. begitupun dengan ISP telkomspeedy, anda bisa lihat Program Speedy di brosur ini :


brosur speedy












apakah salah mencantumkan tulisan bandwith nya ?

tentu tidak, sudah begitu jelas tulisan tertera dibrosur itu Mbps = Mega bit per second, hanya pelanggan perlu mengetahui bahwa 1 Byte = 8 bit. jadi, jika pelanggan memesan paket 1 Mbps, maka kecepatan yang akan didapatkan sama dengan 128 Byte per second. atau bila ingin lebih jelas, anda coba dengan menggunakan accelarator download misalnya IDM, kecepatan yang akan didapat rata - rata kisaran diatas 115 MBps.

hasil idm