IP PUBLIC Speedy



SPEEDY merupakan layanan broadband akses internet dari Telkom Indonesia berkualitas tinggi bagi perumahan serta SME (Small Medium Enterprise). Tahukah anda bahwa ada fitur menarik yang disediakan oleh Speedy tetapi jarang sekali digunakan oleh semua pelanggan speedy yaitu IP PUBLIC. Pelanggan speedy akan dialokasikan IP Public yang dibedakan menjadi 2, yaitu IP Public Static dan IP Public Dinamis.
Setiap pelanggan speedy akan diberikan IP Public, pelanggan speedy regular dengan paket dibawah 2MBps seperti 384kbps, 512kbps dan 1Mbps akan mendapatkan IP Public Dinamis sedangkan pelanggan paket gold (>2MBps) akan mendapatkan IP Public Static.

Apa perbedaan dari kedua IP Public tersebut? Jika dinamis, maka IP Public yang diberikan akan berganti ketika ADSL putus atau pada waktu modem mati lalu dihidupkan lagi. Jika static ketika IP Public yang diberikan tetap, dan tidak akan berganti meski koneksi ADSL mati atau modem mati.

Lalu apa itu IP Public? Mudahnya IP Public merupakan sebuah alamat yang diperlukan sebuah device untuk berkomunikasi dengan device lain di luar jaringan device tersebut. Contohnya saja ketika kita browsing google.com, jika google.com ingin bisa diakses oleh orang lain, maka si pemilik google.com harus memiliki IP Public. Percobaan sederhana untuk mengetahui IP Public adalah dengan melakukan ping pada command prompt misalkan saja google.com seperti di bawah ini.




lalu coba ketikkan ip tersebut di browser, maka yang keluar adalah website google, karena ip tersebut adalah ip public google.com



Lalu bagaimana cara kita mengetahui IP Public itu sendiri? Caranya mudah, yaitu dengan melihatnya di settingan modem speedy. Buka di browser lalu ketik ip modem http://192.168.1.1 (jika tidak diubah) dan masukkan username dan password.

Di halaman utama anda akan melihat status koneksi Up atau Down dan di sana terdapat juga IP Public yang diberikan kepada anda seperti contoh di bawah.


Dengan IP Public inilah kita bisa melakukan beberapa hal seperti monitoring rumah, remote komputer yang ada di rumah dari kampus atau warnet misalnya, atau membuat datacenter sehingga data bisa kita ambil dari rumah di manapun anda berada atau bisa juga membuat webserver/hosting pribadi melalui PC anda.

Lalu bagaimana dengan nasib pengguna internet usb modem 3G ataupun EVDO seperti smart, XL, aha, flexi dsb? Apakah para penggunanya bisa mendapatkan IP Public seperti ini? Jawabannya tidak. Faktanya memang seharusnya pengguna internet 3G maupun EVDO memiliki IP Public, namun IP Public tersebut merupakan IP dari server ISP yang digunakan bersama-sama atau lebih dari 1 user. Jadi IP Public tersebut tidak bisa digunakan secara private.


sumber : http://speedyddns.net